Di BU, BST Tuntas Disalurkan

ARGA MAKMUR RU – Injury time penyaluran Bantuan Sosial Tunai (BST) tambahan, sudah dilakukan oleh Pemda Bengkulu Utara (BU) melalui Kantor Pos. Sebanyak 5.223 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) menjadi sasaran program yang rencananya bakal beralih ke program sembako.

Kepala Dinsos BU, Suwanto, SH, MAP, sesuai dengan instruksi Kementerian Sosial (Kemensos), penyaluran BST tambahan itu wajib cepat dilakukan. Prosesnya, lanjut Kadis, sudah dilakukan di seluruh Kantor Pos.

“Sudah disalurkan, beberapa waktu lalu,” ujarnya, kemarin.

Disinggung soal kelanjutan program bansos, pasca berakhirnya BST, Suwanto menerangkan, kepastiannya masih menunggu konfirmasi pusat. Hanya saja, data-datanya sudah disampaikan oleh daerah. Proses input data oleh daerah ke aplikasi Kemensos, ditegaskan Suwanto, sudah rampung pada 30 April 2021.

“Teknis selanjutnya diproses lagi di tingkat verifikator nasional. Semoga hasil kerja daerah, kembali mendapatkan apresiasi positif dari pusat,” harapnya memungkas.

Sekadar menginformasikan, BST yang nilai bantuannya Rp 300 ribu per bulannya itu, tahun ini diterima oleh hampir 21 ribu KPM. Data itu didapat dari jumlah penerima di periode keempat atau April, yang salurkan via Kantor Pos sebanyak 15.627 KPM dan ditambah lagi dengan kuota tambahan sebanyak 5.223 KPM. Perbaikan pangkalan data daerah, di akhir Maret ini juga sudah dilakukan daerah ke sistem aplikasi Kemensos. Periode itu, setidaknya Bengkulu Utara sudah menyampai lebih dari 29 ribu data ke Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) Kemensos. (bep)