DataPeternakan, 510 Ekor Sapi Bunting

MUKOMUKO RU – Sejak Januari hingga Agustus ini, terdata 510 ekor induk sapi dinyatakan bunting melalui proses kawin suntik atau inseminasi buatan (IB). Bahkan, tercatat 405 ekor sapi dinyatakan telah melahirkan.

“Masih ada 105 ekor induk sapi yang belum melahirkan. Mungkin dalam waktu dekat melahirkan sebab usia kebuntingannya sudah diatas 5 bulan,” ungkap Kepala Dinas Pertanian Mukomuko, Heri Prastyono, S.STP, M.Si melalui Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan, Warsiman, S.Pt, kemarin.

Sayangnya, program IB terhadap induk sapi produktif tertunda lantaran tidak adanya peralatan pendukung. Misalnya N2 cair, dan juga straw atau semen beku. Jika ketersediaan pendukung IB ada, Warsiman optimis di tahun ini setidaknya ada 2 ribuan induk sapi bisa dilakukan IB.

“Data kami masih ada sekitar 3 ribuan induk sapi produktif belum di IB. Kalau kita kejar 2 ribu saja, saya rasa sangat memungkinkan. Dan target pemerintah sebanyak 1.680 ekor, mudah kita realisasikan untuk tahun ini,” katanya.

Ditambahkan Warsiman, selama program IB belum dilaksanakan maka pemilik ternak dapat melaksanakan kawin alami terhadap ternaknya ketika sudah birahi. Jika sudah birahi dan sapi itu tidak segeradikawinkan, dampaknya sangat tidak baik bagi ternak itu sendiri.

“Bisa – bisa majer atau gagal reproduksi. Itu sebabnya, kami minta kepada masyarakat supaya dapat melihat dengan jeli kondisi ternak peliharaanya. Kalau sudah waktunya kawin, segera dikawinkan supaya tidak majer,” pesannya. (rel)

__Terbit pada
6 Agustus, 2020
__Kategori
Mukomuko