Danrem 041/Gamas Pimpin Penutupan TMMD Kodim 0423/BU

ARGA MAKMUR RU – Komandan Korem (Danrem) 041/Gamas Bengkulu, Brigjen TNI Yanuar Adil secara resmi memimpin upacara penutupan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) reguler ke-108 tahun 2020 di Aula Antasena Makodim 0423/Bengkulu Utara, pada Rabu (29/07) kemarin.

Dalam sambutannya, Danrem menegaskan, TMMD merupakan bagian dari program pembangunan yang difokuskan di wilayah perdesaan. Bahkan, dalam kegiatan yang tahapan perencanaannya melibatkan berbagai instansi dan dibahas secara terpadu hingga tingkat kementerian dan lembaga ini, hadir bukan hanya membangun fisik semata.

“Peran strategis TMMD juga untuk membangkitkan nilai-nila kebersamaan dan gotong-royong. Dan yang tak kalah penting adalah menjaga semangat nasionalisme dan nilai-nilai luhur kebangsaan di tengah masyarakat,” ungkapnya.

Tetap terjaganya semangat nasionalisme dan nilai-nilai luhur kebangsaan serta gotong-royong ini diharapkan memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa, khususnya di Kabupaten Bengkulu Utara.

“TMMD merupakan kegiatan strategis dan efektif, baik dilihat dari sisi pembangunan ekonomi, pertahanan keamanan, meningkatkan nasionalisme serta kesadaran berbangsa dan bernegara,” lanjutnya.

Nilai-nilai ini lanjut Danrem, tak lain untuk mendorong pembangunan masyarakat di Kabupaten Bengkulu Utara yang lebih baik.
Dalam upacara penutupan ini, tampak hadir Asisten III Pemda BU Ramadanus, SE, Wakapolres Bengkulu Utara, Kajari BU, Elwin Agustian Khahar, SH, MH serta tokoh agama, pemuda, organisasi, tokoh masyarakat dan aparatur pemerintah Desa Karang Tengah dan Suka Makmur serta pemerintah Kecamatan Putri Hijau dan Marga Sakti Sebelat, baik itu Kepala Desa dan Camat.

Dalam kegiatan ini pula, Dandim 0423/BU, Letkol Inf. Agung Pramudyo Saksono S.Sos, M.Si menyampaikan laporan hasil pelaksanaan TMMD berupa pembukaan jalan dari Desa Karang Tengah, Kecamatan Putri Hijau menuju Desa Suka Makmur, Kecamatan Marga Sakti Sebelat (MSS), sekaligus mengembalikan alat kerja pada Pemkab Bengkulu Utara dan melakukan penandatanganan naskah serah terima TMMD-108 Tahun 2020.

“Pembangunan fisik berupa pembukaan badan jalan sepanjang 6 KM, menghubungkan Desa Karang Tengah ke Desa Suka Makmur, pembuatan plat duikker, gorong-gorong, rehab rumah ibadah, pembuatan Poskamling dan pengoralan badan jalan,” ungkapnya.

Tak hanya itu lanjut Dandim, dalam TMMD kali ini juga melaksanakan kegiatan non fisik seperti, penyuluhan hukum dan bahaya narkoba, penyuluhan KB Kesehatan, sosialisasi cegah tangkal paham radikalisme, penyuluhan wawasan kebangsaan dan bela negara, serta yang tak kalah penting berupa penyuluhan pertanian.

Tak hanya itu, Dandim juga dalam kegiatan penutupan ini menyerahkan hadiah pada warga yang memenangkan lomba foto dalam rangka kegiatan TMMD kali ini.
“Dibangun juga ikon TMMD berupa Tugu Granat (Tugu TMMD 108).

Ini menjadi pengingat untuk menjadikan apa yang telah kita (TNI dan rakyat,red) bangun bersama menjadi penyemangat untuk melakukan perubahan ke arah yang lebih baik.

Hendaknya bersama-sama kita menjaga dan melestarikan hasil pembangunan tersebut. Terima kasih pada seluruh pihak yang telah terlibat dan menyukseskan kegiatan ini,” demikian Dandim.

SETELAH menandatangani naskah serah terima hasil TMMD, disaksikan Danrem 041/Gamas, Brigjen TNI Yanuar Adil, Dandim 0423/BU Letkol Inf Agung Pramudyo Saksono menyerahkan hasil pembangunan pada Pemkab Bengkulu Utara.
__Terbit pada
30 Juli, 2020
__Kategori
News