Covid Menyasar Klaster Perkantoran dan Keluarga

  • Ketahun 19 dan MSS 2 Kasus

KETAHUN RU – Penambahan kasus positif Covid-19 gelombang II terus terjadi. Informasi yang dihimpun sejak Minggu kemarin, ada dua kecamatan di wilayah Dapil IV BU yakni Kecamatan Ketahun dan Kecamatan Marga Sakti Sebelat (MSS) yang teridentifikasi menyumbang kasus positif Covid-19. Celakanya, ledakan kasus Covid-19 pada gelombang II ini tidak hanya menyerang klaster keluarga tapi mulai menyerang klaster perkantoran yang meliputi aparatur desa hingga tenaga kesehatan (Nakes) di Puskesmas.

SIGIT/RU – UNTUK memastikan penerapan Prokes, Danramil bersama jajaran dan tim Satgas turun ke lapangan.

Seperti diungkapkan oleh Kepala Puskesmas Ketahun, Sinarilah, S.KM kepada wartawan koran ini kemarin. Menurut Sinarilah, terhitung hingga Minggu kemarin, 19 kasus Covid-19 berstatus aktif dan 10 kasus lainnya dinyatakan sembuh alias bebas menjalani isolasi. Dari total kasus aktif, diungkapkan Sinarilah, berasal dari klaster perkantoran dan keluarga di Desa Urai.

“Sampai dengan hari ini (kemarin, Red) ada penambahan 10 kasus, tujuh kasus berdasarkan hasil rilis provinsi hari Jumat dan tiga kasus rilis Sabtu lalu. Kemarin dan hari ini, sudah kita lalukan tracking kepada 17 orang kontak erat dan besok sampelnya akan kita kirim ke dinas. Dari sini kami simpulkan, kasus yang terjadi berasal dari klaster perkantoran dan keluarga yang meliputi perangkat desa, BPD, Nakes dan masyarakat yang terdiri dari anggota keluarga dari penderita,” ujarnya.

Dipastikan Sinarilah, dari seluruh kasus aktif, ada yang mengalami gejala ringan dan tanpa gejala.

“Semua yang terkonfirmasi positif sedang menjalani masa isolasi mandiri dan dalam pantauan kami Satgas,” imbuhnya.

Kades Urai, Nodi Haryanda, membenarkan bahwa kasus Covid di wilayah kerjanya telah menimpa beberapa perangkat desa, anggota BPD hingga masyarakat umum. Kini kata Nodi, sejumlah perangkat desa dan anggota BPD yang terkonfirmasi positif Covid, sedang menjalani masa isolasi mandiri. Bersambung………. (Baca selengkapnya di Surat Kabar Harian Radar Utara, edisi Senin, 3 Mei 2021) Atau berlangganan E-Paper Radar Utara melalui LINK INI