Cegah Perceraian, Puluhan Catin Dibina

PADANG JAYA RU – Puluhan pasang calon pengantin (catin,red) di Kecamatan Padang Jaya dan Giri Mulya, mendapatkan pembinaan pra nikah. Pembinaan yang dilakukan langsung oleh Kementerian Agama (Kemenag) Bengkulu Utara (BU), di aula gedung Desa Sidomukti itu, diharapkan dapat mencegah kasus perceraian.

Kepala KUA Kecamatan Padang Jaya, Sigit Pramono, S.Sos.i menjelaskan, tak dipungkiri belum siapnya pengantin baik secara fisik, pikiran dan mental terkadang mempengaruhi kondisi rumah tangga. Sehingga tak jarang pula banyak yang memilih jalan keluar dengan perceraian.

Oleh karenanya, pihaknya terus melakukan pembinaan. Khususnya pembinaan pra nikah, kepada kelompok masyarakat yang ada pada usia nikah. Hal itu dilakukan untuk memberikan pemahaman tugas sebagai suami istri nanti, dan bagaimana mewujudkan keluarga sakinah mawadah warahmah.

“Untuk menekan angka perceraian, Kemenag rutin menggelar bimbingan pra nikah. Bahkan sudah ada secara rutin di KUA untuk calon pengantin yang sudah mendaftarkan diri dan ada juga pembinaan pernikahan yang kami lakukan ke remaja. Untuk memberikan pemahaman jika diperlukan persiapan yang matang untuk membina bahtera rumah tangga,” terangnya.

Ia menambahkan, pihaknya memberikan beberapa materi terkait pembinaan pra nikah. Materi meliputi kesehatan reproduksi, menyiapkan keluarga sakinah, mengelola dinamika rumah tangga dan managemen konflik, memenuhi kebutuhan rumah tangga, serta menyiapkan generasi berkualitas.

“Bimbingan Pra nikah sendiri ditujukan untuk memberikan bekal pengetahuan dan skill kepada calon pengantin agar mampu menjaga kelestarian perkawinan dan keluarga yg berkualitas. Dan kami bekali pula dengan bimbingan parenting untuk menyiapkan mereka saat menjadi orang tua nanti,” tandasnya. (jho)

__Terbit pada
25 Juli, 2020
__Kategori
Agropolitan