Cegah Korupsi DD, Kejari Lebong Beri Penerangan

TUBEI RU – Upaya pencegahan penyalahgunaan dana desa (DD) di Kabupaten Lebong tahun anggaran (TA) 2021 ini, Kejaksaan Negeri (Kejari) Lebong, Kamis (21/1) kemarin, telah memberikan penerangan hukum atau sosialisasi kepada seluruh kepala desa (kades) di daerah ini.

Kegiatan yang difasilitasi Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Sosial (PMDSos) Kabupaten Lebong ini digelar di Aula Sekretariat Daerah (Setda) Lebong.

Kepala Dinas PMDSos Kabupaten Lebong, Reko Haryanto, S.Sos M.Si mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan dengan harapan dalam penggunaan DD TA 2021 ini tidak ada penyimpangan.

“Masih banyak desa yang belum melaksanakan aturan yang berlaku dalam penggunaan DD. Untuk itu, diselenggarakan penerangan hukum terkait dengan pengunaan dana desa, dan kegiatan ini sangatlah penting,” ungkapnya.

Sementara itu, Kajari Lebong, Fadil Regan, SH, MH mengatakan, kegiatan penerangan hukum ini diselenggarakan terkait dengan penggunaan anggaran DD agar direalisasikan dengan baik dan benar oleh pemerintah desa.

“Saya undang para kades dalam kegiatan ini berdasarkan data Statistik terkait korupsi penyalahgunaan DD. Maka saya tidak ingin hal itu terjadi lagi kedepannya di Kabupaten Lebong ini,” ungkap Kajari.

Menurutnya, sebelumnya pihaknya sudah melakukan upaya pencegahan tetapi masih juga ada desa yang bermalasah. Untuk itu, pihaknya koordinasi dengan pihak Pemda bagaimana caranya membina mereka (kades, red) memberikan intimidasi hukum atau sosialisasi ini.

“Kita berharap desa di se-Kabupaten Lebong bebas dari korupsi dan lebih maju. Supaya mereka di kemudian hari tidak terlibat masalah hukum. Serta pembangunan juga bisa berjalan dengan lancar untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” harapnya.

Terpantau, hadir dalam kegiatan penerangan hukum itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Lebong, H. Mustarani Abidin, SH, M.Si, Kajari Lebong, Fadil Regan, Asisten I Setda Lebong, Japri, S.Sos, Kadis PMDSos Lebong, Reko Haryanto, para camat, kades, pendamping desa, tenaga ahli se-Kabupaten Lebong. (oce)