Camat dan Kades Disarankan Sediakan Wifi Gratis

TUBEI RU – Di tengah pandemi Covid-19, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebong mendukung proses kegiatan belajar mengajar (KBM) secara daring, para camat serta kades disarankan untuk menyiapkan fasilitas wifi gratis bagi siswa dalam desanya.

Pantauan Radar Utara, hal itu tertuang dalam rapat koordinasi (rakor) Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Kabupaten Lebong, di Graha Bina Praja Setdakab Lebong, yang dipimpin Wakil Bupati (Wabup) Lebong, Wawan Fernandez, SH, M.Kn pada Rabu (5/8) kemarin.

Disampaikan, perwakilan unsur perempuan, Kartini Johar mengaku, pemberlakuan KBM secara daring terdapat kendala akses internet dalam belajar daring, khususnya siswa yang berada di wilayah perdesaan.

“KBM daring yang membutuhkan pengetahuan tentang teknologi dan fasilitas canggih dirasa tidak mudah bagi beberapa orang. Apalagi perdesaan,” ungkapnya.
Menanggapi hal itu, Wabup Lebong, Wawan mengungkapkan, laporan yang diterima pihaknya, pembelajaran daring ini turut memberatkan orangtua siswa lantaran harus merogoh kantong yang cukup banyak untuk membeli pulsa atau kuota internet, agar siswa/i nya dapat mengikuti KBM secara online.

“Sebelumnya memang banyak keluhan yang saya terima semenjak proses KBM daring ini,” kata Wawan. Maka, ia menyarankan, agar pihak kecamatan serta desa membuat pojok belajar, tepatnya di kantor masing-masing dengan menyediakan wifi gratis. Terlebih lagi, dana desa bisa diperuntukkan untuk kepentingan penanganan Covid-19.

“Terkait KBM daring, camat dan kades didorong untuk mengadakan wifi gratis di kantor kecamatan atau kantor desa,” lanjutnya.

Terpantau hadir dalam rapat FKDM Kabupaten Lebong, Asisten 1 Setda Lebong, Jafri, S.Sos, Kepala Kesbangpol Lebong, M. Ikram, Kepala BPBD Kab. Lebong, Fakhrurrozi, S.Sos, M.Si, Kasat Intelkam Polres Lebong, AKP. Ngatmin, Kasi Komunikasi Politik dan Kemasyarakatan (KPK) Kesbangpol Lebong, Lailatul Qodar, Perwakilan Unsur Perempuan, Kartini Johar. (oce)

__Terbit pada
6 Agustus, 2020
__Kategori
Rejang Lebong