Bupati Resmi Kukuhkan 45 Pengurus GOW Lebong

TUBEI RU – Bupati Lebong, Kopli Ansori resmi mengukuhkan pengurus Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Kabupaten Lebong masa bakti 2021-2024. Pengukuhan sendiri dilaksanakan di Aula Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Lebong, pada Kamis (29/4).
Kegiatan tersebut sekaligus menetapkan Ketua GOW Kabupaten Lebong, Ny Lili Suryani Fahrurrozi.

Bupati Lebong, Kopli Ansori mengatakan, wanita Indonesia merupakan bagian yang tak terpisahkan dari sejarah pergerakan, perjuangan, dan kelangsungan hidup wanita Indonesia bersam-sama kaum pria tampil di garis depan sebagai pelopor perjuangan dalam mengibarkan dan mmepertahankan panji-panji. Bahwa pembangunan nasional di segala bidang kehidupan merupakn pengalaman pancasila dalam bentuk upaya dan guna mewujudkan cita-cira bangsa.

“Pada hakikatnya wanita mempunyai kewajiban yang sama dengan pria dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, untuk berperan serta secara aktif falam pembangunan nasional,” ungkapnya.

Menurut Kopli, dalam sebuah proses pembangunan, organisasi wanita mempunyai peran penting dan menjadi salah satu unsur kunci sukses. Sehingga pembangunan seperti yang sedang terus diupayakan pemerintah daerah harus merangkul dan bisa memaksimalkan fungsi, serta peran satuan organisasi-organisasi yang ada.

“Wanita itu lebih cepat dewasa, biasanya lebih telaten, sabar, dan bijak. Bahkan dalam sebuah penelitian, disebutkan bahwa wanita itu lebih jujur dibanding laki-laki,” ucapnya.

Lanjutnya, GOW ini sebagai wadah organisasi kemasyarakatan perempuan yang mandiri, memiliki tujuan yang sejalan dengan pembangunan pemerintah di berbagai bidang yang muaranya adalah meningkatkan kesejahteraan masyarakat, seiring dengan peningkatan kualitas hidup dan kesejahteraan anggota GOW. Maka, agar GOW ini memfungsikan dirinya sebagi fasilitator sekaligus koordinator bagi organisasi-organisasi wanita yang ada di Lebong, baik itu organisasi wanita ditingkat desa, ormas dan lain sebagainya.

“Jadilah fasilitator dan koordintor. Jangan justru berseberangan dengan kegiatan atau program organisasi-organisasi wanita lainnya,” tambahnya.

Kabupaten Lebong mendapatkan bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) dari pemerintah pusat melalui Kementerian sosial dengan pemberian dana non tunai. Maka dari itu, kedepan diharapkan nanti dari keluarga-keluarga yang diinterevensi oleh pemerintah pusat melalui PKH ini mereka melepaskan diri dan keluaran dengan sadar dari PKH.

“Sebanyak 45 pengurus yang dikukuhkan hari ini (kemarin, red) yang berasal dari berbagai organisasi. Saya berharap kepada pengurus yang baru dilantik agar dapat segera menyesuaikan tugasnya. Kedepan juga diharapkan GOW dapat berkolaborasi dengan program pemerintah dalam ikhitiar membangun masyarakat Lebong Bahagia dan Sejahtera,” harapnya.

Sementara itu, Ketua GOW Kabupten Lebong yang baru usai dilantik, Ny. Lili Suryani Fahrurrozi mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan untuk mengemban tugas yang merupakan amanah yang harus dijalankan dengan baik. Tentunya, ia beserta Pengurus GOW lainnya yang baru saja dilantik semoga dapat bekerjasama dan saling mendukung, saling bersinergi menjalankan amanah ini sebaik mungkin.

“Saat ini kita sedang menghadapi pandemi Covid-19 untuk itu peran GOW dalam pandemi ini sangat dibutuhkan untuk mendukung gerakan sosial kemasyarakatan melalui gerakan nyata dalam mengajak masyarakat khususnya peran wanita dalam memberikan pemahaman kesadaran untuk tetap memperhatikan dan melaksanakan,” sampainya.

Menurutnya, protokol kesehatan yaitu 3 M (memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan) dan diharapkan juga dapat membantu serta memberikan semangat bagi yang terkena dampak covid 19. Untuk itu, kedepan GOW akan berusaha mewujudkan kepribadian perempuan dan berperan dalam pengembangan perempuan sehingga mempunyai konsistensi dalam memperjuangkan peningkatan peran, kualitas serta wawasan kaum perempuan Indonesia khususnya Kabupaten Lebong.

“GOW di Kabupaten Lebong diharapkan depat mewujudkan professional wanita yang mandiri, memiliki kekutan moral dan sosial guna mendukung kesetaraan gender untuk kemandirian ekonomi menuju Lebong Bahagia dan Sejahtera,” harapnya.

Selain itu, masih dia, hal yang harus mendapat perhatian selaku pengurus GOW yang baru adalah masalah pendidikan dan keterampilan kaum perempuan. Seperti, kasus kekerasan dalam masyarakat maupun keluarga, kesehatan ibu hamil dan menyusui, meningkatnya jumlah pernikahan dini di masa Covid-19 ini yang terjadi pada generasi muda karena hal tersebut merupakan factor penentu bagi terciptanya generasi penerus yang berkualitas dimasa mendatang.

“Saya harapkan dukungan dalam mengemban dan melaksanakan amanah ini agar Gabungan Organisasi Wanita di Kabupaten Lebong semakin baik,” demikian Lili.

Terpantau, hadir dalam kegitan tersebut, Wakil Bupati Lebong, Drs Fahrurrozi, M.Pd, Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Lebong, Ny Hj Nelawati Mustarani, SP, MM, Ibu Bupati Kabupaten Lebong Ny. Elvi Sukaisih Kopli, Ibu ketua DPRD Lebong Ny Sri Carles, Ibu Dandim 0409/LR, Ny Trisnu Novawan, Ketua Cabang Bhayangkara Lebong, Ny Fitri Ichsan Nur dan Ketua IAD, Ny Iin Arif. (oce)