Bupati: Realisasi Serapan DD Harus Dirasakan Masyarakat

PUTRI HIJAU RU – Dalam agenda sosialisasi prioritas pengunaan Dana Desa (DD) di Desa Air Muring, Rabu (13/1) kemarin. Bupati BU, Ir H Mian, meminta agar pembangunan yang direncanakan dan direalisasikan oleh desa pada tahun ini, memprioritaskan item yang bersifat multi player efek sehingga dapat dirasakan langsung oleh masyarakat.

Kata Bupati, pembangunan yang direncanakan dan dilaksanakan oleh desa dapat mengarah pada perbaikan ekonomi khususnya pembangunan infrastruktur. Mengingat, kata Bupati, pembangunan infrastruktur memiliki arti yang luas dalam memperbaiki ekonomi masyarakat.

“Jangan muluk-muluk, rencanakan pembangunan yang memiliki nilai multi player efek, harus bisa dirasakan oleh masyarakat khususnya infrastruktur dalam arti luas. Dengan kita perbaiki JUT dan gorong-gorong sehingga mobil bisa masuk untuk mengangkut hasil pertanian. Dengan demikian, biaya produksi bisa berkurang. Ini bagian dari pertolongan ekonomi. Bukan berbicara soal ekonomi dengan langsung memberi bantuan bergulir dan sebagainya, ini harus menjadi prioritas,” tandas Bupati.

Lebih lanjut Bupati meminta, pembangunan yang hanya bersifat icon desa namun kenyataannya, kondisi infrastruktur jalan masih buruk dan manfaatnya tidak dapat dirasakan langsung oleh masyarakat, lebih baik diubah atau ditunda.

“Sesuaikan dengan kearifan lokal yang nilai manfaatnya tidak penting. Lebih bagus untuk menangani kerusakan gorong-gorong, jalan dan sebagainya. Semua ini untuk kepentingan masyarakat,” imbuh Bupati.

Lebih jauh ditambahkan Bupati, desa adalah garda terdepan dalam pembangunan dan tidak terlepas dari data karena menurut Bupati, data merupakan kunci dari keberhasilan sebuah pembangunan. Sehingga terkait upaya pemulihan ekonomi yang saat ini masih menjadi konsen pemerintah. Bupati, meminta seluruh data yang berkaitan dengan penerima program bantuan harus akurat.

“Jangan data yang sudah menerima program bantuan seperti BLT-DD tumpang tindih. Sehingga sebagai Kades harus jeli. Jangan sampai ada pemikiran suka tidak suka. Untuk itu, masalah data ini harus dipegang teguh,” demikian Bupati.(sig)

__Terbit pada
14 Januari, 2021
__Kategori
Ketrina