Bupati Letakan Batu Pertama Pembangunan Program Keserasian Sosial

  • Di Karang Tengah dan Air Muring

PUTRI HIJAU RU – Kerja keras dan bukti komitmen, Dinsos BU menjemput program pemerintah pusat untuk menjadikan Pemkab BU sebagai salahsatu kabupaten di Provinsi Bengkulu yang berhasil mendapatkan program keserasian sosial.

Jumat (24/7) kemarin, Bupati BU, Ir H Mian didampingi Kadis Sosial BU, Suwanto, mengawali realisasi pembangunan program keserasian sosial dengan melaksanakan peletakan batu pertama kepada dua fasilitas umum yang menjadi objek sasaran program ini, di Desa Karang Tengah dan Desa Air Muring.

Informasi dihimpun RU di lapangan, Program keserasian sosial ini difokuskan untuk meningkatkan bangunan Mushola di Karang Tengah menjadi sebuah Masjid dan pembangunan pagar TPU di Desa Air Muring. Diungkapkan Bupati BU, Ir H Mian, program keserasian sosial merupakan buah dari perjuangkan Pemkab BU melalui Dinsos BU yang mengajukan proposal ke Kemensos RI.

Melalui usulan tersebut, kata Bupati, Kabupaten BU mendapat program untuk membangun fasilitas umum seperti Mushola di Desa Karang Tengah dan pagar TPU Air Muring.

“Kita tingkatkan Mushola di Karang Tengah ini menjadi Masjid. Karena anggarannya sudah masuk. Begitu dengan pagar TPU di Air Muring, kita harapkan bisa mendorong simbol kerukunan umat beragama. Dimana sesuai kondisi TPU di Air Muring yang berdampingan langsung antara makam umat muslim dan nasrani,” terang Bupati.

Terpisah, Kadinsos BU, Suwanto, menjelaskan, program ini dari Kemensos RI untuk meningkatkan keselarasan atau kerukunan di lingkungan desa. Dan paket kegiatannya, diakui Suwanto, bisa untuk pembangunan tempat ibadah seperti di Karang Tengah atau TPU seperti di Air Muring yang pada intinya fokus pada fasilitas umum dengan tekhnis pengerjaan mengandalkan tenaga gotong royong masyarakat setempat.

“Di Provinsi Bengkulu hanya tiga kabupaten yang berhasil mendapatkan program ini. Salah satunya Kabupaten BU. Ini merupakan buah dari jemput bola yang kita lakukan ke pemerintah pusat untuk mendorong pembangunan di Kabupaten BU,” demikian Suwanto. (sig)

__Terbit pada
25 Juli, 2020
__Kategori
Ketrina