Bengkulu Miliki Potensi Kemaritiman Yang Besar

BENGKULU RU – Dengan garis pantai sepanjang 525 Kilo Meter (KM), Provinsi Bengkulu tentu saja memiliki potensi kemaritiman atau sumber daya laut yang sangat besar. Dengan potensi itu ketika dibuka peluang investasi, diyakini dapat membangun kerjasama regional dan internasional semata-mata untuk kemakmuran masyarakat.

“Dengan potensi kemaritiman itu, baik perikanan tangkap, budidaya atau pengolahan perikanan tentu bisa menjadi peluang investasi yang menjanjikan. Tinggal lagi bagaimana kita membuat regulasi bersama Kabupaten/Kota di wilayah pesisir agar ada keseragaman regulasi kemudahan sistem perizinan untuk memudahkan investor masuk,” ungkap Gubernur Bengkulu, Dr. H. Rohidin Mersyah.

Menurutnya, dengan masuknya investasi dapat menyerap tenaga kerja dan sumber daya pesisir termanfaatkan dengan baik. Semua itu menjadi faktor penggerak ekonomi yang paling produktif. “Makanya dalam kesempatan ini kita mengajak Kabupaten/Kota untuk menyambut investasi seperti ini dengan menyiapkan regulasi dan menyesuaikan dengan tata ruang,” kata Rohidin.

Sehingga, lanjut Rohidin, ekonomi dalam daerah dapat bergerak memanfaatkan sumber daya wilayah pesisir yang ada. Potensi kemaritiman Bengkulu masih belum dikelola secara optimal, yang akhirnya belum bisa memberikan kemakmuran bagi masyarakat. Padahal nilai tukar pada perikanan tangkap itu lebih besar dibandingkan perikanan budidaya.

“Ke depan kita berharap potensi ini dapat dikembangkan lebih besar secara bersama-sama. Namun semua itu tentunya butuh sarana dan prasarana, juga dibutuhkan teknologi yang lebih baik dan lengkap. Karena bagaimana pun juga posisi laut yang ada di Provinsi Bengkulu dengan ombak laut yang cukup tinggi,” singkatnya. (tux)

 

__Terbit pada
23 September, 2020
__Kategori
Kota Bengkulu