Belum Seluruh OPD Serahkan Data Aset

MUKOMUKO RU – Hingga sekarang belum seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD), menyerahkan data aset ke Bidan Aset Daerah di Badan Keuangan Daerah (BKD) Mukomuko. Data Bidang Aset Daerah, dari puluhan OPD hanya belasan OPD yang sudah menyerahkan datanya, baik aset begerak maupun tidak bergerak.

“Yang jelasnya, surat sudah kita
masukkan ke seluruh OPD yang ada di Pemkab Mukomuko. Surat yang kami sampaikan itu meminta kepada OPD untuk menyerahkan ata aset yang mereka kelola.

Tapi sayangnya, sampai hari ini belum seluruh OPD menyerahkan data itu,” ungkap Kepala BKD Mukomuko, Agus Sumarman, M.PH, MM, melalui Kabid Aset Daerah, Eka Purwanto, SH, ketika
dikonfirmasi kemarin.

Tujuan BKD meminta data aset ke OPD, untuk memastikan keberadaan aset dan untuk mengetahui layak dan tidaknya aset yang mereka kelola itu. Jika aset tersebut layak, maka tidak diajukan untuk penghapusan darui data aset milik daerah. Namun sebaliknya, jika aset yang dikelola itu tidak layak maka nanti bakal diajukan untuk penghapusan. Bisa dilelang atau dibakar.

“Untuk kendaraan yang tidak layak pakai, busa diajukan lelang. Namun untuk peralatan elektronik yang tidak layak jual maka dilakukan pembakaran. Pendataan aset ini dilakukan, supaya daerah tidak selalu terbebani aset yang tidak lagi dapat dimanfaatkan,” kata Eka.

Meskipun saat ini sejumlah OPD belum menyerahkan data aset, ia sangat optimis seluruhnya bakal menyampaikan di bulan Juli ini. Jika nanti data aset sudah terkumpul, pihaknya mengaku akan melakukan pengecekan di lapangan bersama tim.

“Kalau sudah ada datanya, kami langsung cek ke lapangan untuk memastikan kelayakan aset milik daerah. Untuk aset yang tidak layak, langsung akan kita sampaikan ke pak Sekda untuk diajukan penghampusan,” ujarnya. (rel)

__Terbit pada
1 Juli, 2020
__Kategori
Mukomuko