Bakal Banyak Pj Kades

ARGA MAKMUR RU – Ratusan desa di Bengkulu Utara (BU), dipastikan baru akan memiliki pimpinan definitif pada 2022 mendatang. Ini terkait dengan syarat maksimal penyelenggaraan pilkades serentak yang diatur tak lebih dari 3 interval dalam kurun waktu 6 tahun.

Hal ini sebagaimana disampaikan Direktorat Jenderal (Dirjen) Bina Pemerintahan Desa, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) yang hanya memberikan ijin Pemda BU untuk gelaran pilkades serentak gelombang pertama pada 2022 mendatang.
Kebag Pemerintahan Setkab BU, Drs Sudarman, tak menyangkal soal ini.

Dia menyampaikan, merujuk surat terakhir dan merupakan balasan atas upaya pemerintah daerah menegaskan, gelaran Pilkades gelombang pertama baru bisa dilaksanakan 2022 mendatang.

“Perlu kami sampaikan, perbedaan pj dan kades definitif hanya soal waktu jabatan saja. Sedangkan soal tupoksinya, sama. Meski terbatas,” kata Sudarman, kemarin.
Turut disampaikan Sudarman, berdasarkan data berakhirnya masa jabatan kepala desa, 183 desa akan masuk dalam gerbong pertama pilkades 2020.

Tahun ini 3 desa masa jabatan kadesnya akan berakhir. Gelombang terbanyak akan terjadi di tahun 2022, yang mencapai 180 desa.  “Sehingga totalnya 183 desa untuk pilkades 2022 mendatang,” pungkasnya. (bep)

__Terbit pada
29 Juli, 2020
__Kategori
News