Angkut BBM Bersubsidi, 2 Warga Ketahun Diamankan

BENGKULU RU – Dua Warga Ketahun Kabupaten Bengkulu Utara masing-masing berinisial DP, 21 tahun dan AN, 22 tahun diamankan Subdit Tipidter Polda Bengkulu. Ini setelah keduanya tertangkap tangan tengah membawa Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi jenis solar, yang diduga mengarah pada penyalahgunaan BBM diperuntukkan bagi masyarakat kecil atau kurang mampu.

DONI/RU – Mobil yang digunakan dalam dugaan penyalahgunaan BBM bersubsidi.

Kabid Humas Polda Bengkulu, Kombes Pol. Sudarno, S.Sos, MH mengatakan, penangkapan terhadap kedua pelaku (DP dan AN, red) langsung dipimpin Kasubdit Tipidter Polda, Kompol. Awilzan, S.Ik. “Penangkapan itu saat kedua pelaku tengah menjalankan aksinya di wilayah desa Giri Kencana Kecamatan Ketahun,” ungkap Sudarno, Senin (23/11) kemarin.

Dilanjutkannya, saat tertangkap di TKP (Tempat Kejadian Perkara), keduanya langsung dimintai keterangan. Karena dugaan menguat terdapat praktik penyalahgunaan BBM bersubsidi, akhirnya kedua pelaku beserta Barang Bukti (BB) langsung dibawa petugas ke Mapolda untuk kepentingan penyidikan dan pengembangan lebih lanjut.

“Selain mengamankan kedua pelaku, petugas juga mengamankan BB berupa 1 unit mobil merek Toyota Strada Triton nopol BD 9970 DC warna merah dan membawa BBM subsidi jenis Solar sebanyak 350 liter. Kemudian 1 unit mobil merek Toyota Strada Triton warna silver yang juga membawa BBM subsidi jenis Solar sebanyak 850 liter,” terang Sudarno.

Lebih jauh dikatakannya, dari serangkaian pemeriksaan yang telah dilakukan, untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, kedua pelaku dilakukan penahanan. “Selain itu kedua pelaku juga disangkakan melanggar pasal 55 UU No 22 tahun 2001 tentang Minyak dan Gas Bumi, dengan ancaman hukuman 5 tahun kurungan,” demikian Sudarno. (tux)

__Terbit pada
24 November, 2020
__Kategori
News