Anak Diluar Nikah Bisa Punya KK Sendiri

ARGA MAKMUR RU – Memiliki kartu identitas merupakan salah satu kewajiban yang harus dipenuhi oleh masyarakat sebagai wujud warga negara yang baik, baik itu berbentuk KTP, KIA, KK, Akte Kelahiran dan tanda identitas lainnya.

Bahkan untuk anak yang dilahirkan di luar pernikahan juga wajib untuk memiliki tanda identitas ini, dalam pembuatannya sendiri bisa dua versi yakni ikut KK orang tua dari ibunya si anak atau KK baru dan ibu kandungnya sebagai kepala keluarganya.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) BU, H Juhirjo, SH menerangkan, anak yang lahir tanpa ikatan pernikahan juga wajib terdaftar dalam dokumen penduduk warga Indonesia, itu artinya mereka juga harus terdaftar dalam akte maupun KK untuk mendapatkan nomer induk kependudukannya (NIK).

Terkait nantinya baik ikut KK orang tua ibunya atau KK mandiri status ibu sebagai kepala keluarga, tetap akan dibuat belum kawin dan untuk kolom nama ayah akan dikosongkan, karena tidak adanya keterangan menikah tersebut.

“Mereka tetap bisa memiliki akte kelahiran dan KK, namun itu bisa numpang KK orang tua ibu si anak ataupun bisa cetak KK baru secara mandiri,” jelas Juhirjo.

Mengenai persyaratan dalam pembuatan KK ini sendiri juga tetap sama, hanya saja yang membedakan dari segi kelengkapan syarat buku nikah yang memang tidak dimiliki dari kasus ini.

“Ingin memecah KK ataupun tetap berada di KK yang sama, diharapkan peryaratan yang dibutuhkan bisa dilengkapi. Lagipula mereka juga warga negara Indonesia, memiliki hak yang sama untuk mendapatkan dokumen kependudukan,” demikian Juhirjo. (mae)