Akibat Pandemi Covid-19, Pembangunan Fisik Buye

AIR BESI RU – Rencana pembangunan fisik Tahun Anggaran 2020 di Desa Kota Agung, Kecamatan Air Besi, Kabupaten Bengkulu Utara, melalui program Dana Desa batal dilaksanakan.

Dari 3 item pembangunan yang telah direncanakan sebelumnya, hanya tersisa 1 item yang tetap dilaksanakan tahun 2020 ini, berupa pembangunan gedung serba guna.
Hal ini terungkap dalam kegiatan musyawarah penyusunan APBDes perubahan yang digelar oleh Pemerintahan Desa Kota Agung, pada Kamis (9/7/2020).

Kepala Desa Kota Agung, Doni Iswandi mengatakan, sesuai dengan rencana sebelumnya di tahun 2020 ini ada 3 item pembangunan fisik yang akan direalisasikan melalui Dana Desa.

Diantaranya, pembangunan sumur bor, jalan permukiman warga dan gedung serba guna. Hanya saja karena ada aturan terbaru dari pemerintah pusat untuk memprioritaskan jaring pengaman sosial dan penanganan dampak pandemi virus Corona melalui Dana Desa. Maka pihaknya lakukan perubahan APBDes.

“Jadi, dalam APBDes perubahan kita hanya menetapkan satu rencana pembangunan gedung serba guna. Pasalnya, dana pembangunan fisik, sebagian dialokasikan untuk BLT DD,” jelasnya.

Meski demikian, keterbatasan anggaran yang ada juga tidak bisa menjadikan rencana pembangunan gedung serba guna bisa tuntas seratus persen pada tahun 2020.

“Seperti jaringan listrik, lantai keramik dan pengecatan gedung belum bisa diadakan. Dananya tidak cukup dan harus dianggarkan lagi di tahun 2021,” tutupnya. (sfa)

__Terbit pada
11 Juli, 2020
__Kategori
Metropolis