Abrasi Mengintai Permukiman Warga Ketahun

KETAHUN RU – Dua titik abrasi yang menjadi perhatian dan dinilai mengkhawatirkan bagi pemerintah Kecamatan Ketahun di Desa Urai dan Desa Pasar Ketahun. Camat Ketahun, Kadino, S.Sos mengatakan, titik abrasi itu sudah sering diusulkan ke pemerintah daerah dan provinsi. Bahkan teranyar, usulan penanganan abrasi di Desa Urai kembali disampaikan oleh Pemdes kepada pihak terkait namun belum ada respon.

“Lokus yang menjadi titik berat ancaman abrasi di wilayah kita ada di Urai dan permukiman warga belakang Kantor Pos Ketahun,” terang Camat.
Dalam setiap usulan yang disampaikan Camat dan desa, berulang-ulang mengharapkan adanya pembangunan pemecah ombak kepada dua titik areal abrasi itu. Bangunan pemecah ombak dianggap lebih efektif. Agar wilayah pemukiman warga bisa diselamatkan.

“Kita ingin bangunan pemecah ombak seperti di pantai Air Sabu yang bisa menahan hantaman air laut dan menyelematkan pemukiman warga. Semoga direspon supaya abrasi tidak menimbulkan dampak yang lebih parah,” pintanya.(sig)

__Terbit pada
4 Juli, 2020
__Kategori
Ketrina