5 Anggota BPD Sawang Lebar Ilir Dilantik

TAP RU – Lima anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) terpilih Desa Sawang Lebar Ilir, Kecamatan Tanjung Agung Palik (TAP) Kabupaten Bengkulu Utara dilantik oleh Camat TAP, Benhar, S.IP di Aula Kantor Camat TAP. Pelantikan tersebut dilakukan berdasarkan petikan SK Bupati Bengkulu Utara, Nomor 140/287/B.3/2020 tentang Pengesahan Anggota BPD Desa Sawang Lebar Ilir Masa Jabatan 2020/2026.

Adapun anggota BPD yang dilantik, Tanzilal dari keterwakilan Dusun I, Ali Sadikin dari Keterwakilan Dusun II, Lia Puspita Sari dari keterwakilan Dusun II, Noni Sapitri sebagai wakil perempuan atau Dusun III dan Tomi Saputra dari Dusun III.
Camat TAP, Benhar, S.Ip dalam amanatnya meminta, agar BPD yang baru saja dilantik segera menyesuaikan diri dan mempelajari apa yang menjadi tupoksinya di desa.

“Tujuan akhir dari ini, anggota BPD yang baru harus bisa memberikan kinerja yang baik terhadap roda pemerintahan dan pembangunan di desa,” pinta camat.
Selain dari pada itu, pihaknya meminta agar anggota BPD bisa menjalin sinergitas yang baik dengan kepala desa Sawang Lebar Ilir. Jika ada persoalan di desa, maka BPD berhak untuk memusyawarahkan persoalan tersebut ditingkat desa.

“Jika ada masalah jangan dibesarkan. Tapi bagaimana caranya itu diselesaikan ditingkat desa. Sebab, BPD merupakan wakil dari masyarakat,” jelasnya. Lebih dari itu, Benhar juga meminta di tahun anggaran 2021 agar pemerintah desa menggarkan dana untuk pelatihan dan peningkatan kapasitas BPD melalui Dana Desa.

“Ini sangat penting agar BPD memahami aturan-aturan dan tugas serta tanggung jawabnya di desa. Sebab, anggota BPD baru ini sangat penting untuk dibekali berbagai macam aturan pemerintah agar keberadaan bisa lebih maksimal,” pintanya.

Sementara itu, Noni Sapitri mewakili para anggota BPD yang baru saja dilantik mengaku, siap melaksanakam tugas dan fungsinya sebagai penyambung lidah masyarakat. “InsyaAllah, kami akan siap untuk menjalankan amanah masyarakat ini,” tandasnya.

Hadir dalam pelantikan BPD Sawang Lebar Ilir itu, Jajaran Pemerintah Kecamatan TAP, Kapolsek Air Besi, IPTU. Aljum Fitri, SH, MH, Bhabinsa Koramil Kerkap, Kepala KUA TAP, Kepala Desa Sawang Lebar Ilir, Zurbaini bersama jajaran, tokoh masyarakat Desa Sawang Lebar Ilir. (sfa)

__Terbit pada
1 Desember, 2020
__Kategori
Metropolis