3 Positif Covid, 61 Kontak Erat Jalani Tracing

ARGA MAKMUR RU – Sampai tanggal 14 April 2021 ada penambahan 3 kasus terkonfirmasi positif Covid-19 yang berasal dari Kecamatan Arga Makmur dan Ketahun. Dengan demikian jumlah kasus positif Covid-19 di Kabupaten Bengkulu Utara (BU) berjumlah 374 orang, dengan jumlah pasien yang sembuh sebanyak 299 orang dan jumlah kematian sebanyak 20 kasus, serta 55 pasien masih menjalani isolasi mandiri.

Selain data tersebut, setidaknya ada 61 orang yang berasal dari Kecamatan Arga Makmur masuk kategori kontak erat dan akan menjalani tracing baik tes rapid antigen dan akan dilanjutkan dengan swab tes jika hasilnya menunjukan reaktif dan wajib menjalani isolasi mandiri.

“Baik suspect maupun kontak erat tetap akan kita terapkan 3T yakni, testing, tracing dan treatment, dimana ini merupakan upaya awal mencegah penularan lebih luas lagi,” jelas Kabid P2P Dinas Kesehatan (Dinkes) BU, Ujang Ismail, SKM, M.Ph.

Selain fokus dengan pengawasan terhadap kontak erat, pihaknya juga terus memantua perkembangan para pasien, sembari melakukan pendataan terhadap kemungkinan adanya penambahan kontak erat lagi.

Sementara itu, untuk aktifitas belajar mengajar sendiri dipastikan tidak akan terganggu, dikarenakan dalam momen Ramadan ini sekolah tengah fokus mengadakan ujian sekolah serta kembali menerapkan sistem belajar secara daring guna mengurangi interaksi para siswa.

“Proses belajar mengajar tetap berjalan, baik untuk sekolah yang memang dilockdown maupun yang tidak sama sekali dan selanjutnya semua upaya pengawasan dan pencegahan tetap dilaksanakan,” tandasnya. (mae)