135 KPM di Kota Bani Terima BLT-DD

PUTRI HIJAU RU – Turut disaksikan Tripika Kecamatan Putri Hijau, Pemdes Kota Bani sukses menyalurkan program BLT-DD kepada masyarakatnya. Diakui Kades Kota Bani, Zaidin, S.IP, program BLT-DD yang disalurkan oleh pihaknya untuk jatah di bulan pertama itu telah menyentuh 135 KPM dengan nominal Rp 300 ribu/KPM setiap bulannya hingga 12 bulan kedepan. Dan Diakui Zaidin, penyaluran BLT-DD pada awal TA 2021, ini sedikit terlambat dibanding tahun sebelumnya.

Ini terjadi menurut Zaidin, bukan disebabkan oleh faktor kesengajaan oleh desa. Akan tetapi kata Zaidin, lambatnya proses penyaluran BLT-DD dipicu oleh tekhnis atau regulasi pencairan anggaran yang harus melalui tahapan tertentu.

“Alhamdulillah, BLT-DD untuk jatah bulan pertama sudah kami salurkan ke masyarakat. Kami mohon maaf bila terjadi keterlambatan dalam proses penyaluran BLT karena regulasi dana BLT tahun ini berbeda dibanding tahun lalu sehingga terjadi keterlambatan,” terang Kades.

Di sisi lain Kades menerangkan, anggaran DD yang diterima tahun ini belum dapat mengcover pembangunan fisik. Sebagian besar DD fokus kepada penyaluran program BLT-DD, kegiatan pemberdayaan, pelatihan hingga penanganan Covid-19.

“Jumlah KPM BLT-DD kita tahun ini masih banyak dan lumayan menyedot anggaran DD. Sehingga tahun, ini kami belum dapat merealisasikan pembangunan fisik.  Ada pun sisa anggaran lainnya kita gunakan untuk mendukung kegiatan pemberdayaan, pelatihan dan upaya pencegahan serta penanganan Covid-19 sesuai anjuran pemerintah pusat. Insya Allah, jika memungkinkan. Pembangunan fisik akan kembali kita upayakan di TA berikutnya,” demikian Kades.(sig)