13 Media Dinilai Kantor Bahasa Provinsi Bengkulu

  • Penghargaan Untuk Media Massa

BENGKULU RU – Sebanyak 13 media massa yang ada di Provinsi Bengkulu masuk penilaian Kantor Bahasa Provinsi melalui Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbu) RI. Ini disampaikan Ketua Pelaksana Kegiatan Bulan Bahasa dan Sastra Kantor Bahasa Provinsi, Drs. Syamsurizal, M.Pd, Minggu (25/10).

“Penilaian ini dilakukan untuk memberikan penghargaan kepada media massa, baik cetak ataupun elektronik dalam rangka kegiatan Bulan Bahasa dan Sastra, sekaligus memperingati Hari Sumpah Pemuda. Sebelumnya ada 25 media massa yang kita undang untuk meramaikan kegiatan ini, tapi yang mengikuti hanya 13 media saja,” ungkap Syamsurizal.

Sejauh ini, lanjut Syamsurizal, 13 media itu sudah mengirimkan berkas keikutsertaan mereka. Nantinya berkas tersebut yang dinilai dengan kategori bagi media cetak yakni 3 artikel berita utama, 3 artikel tajuk rencana, dan 3 artikel bebas yang terbit antara Juni dan Agustus 2020 tahun ini.

Untuk media elektronik 1 naskah siaran gelar wicara (talk show) dan hasil rekaman, serta 1 naskah siaran liputan kegiatan dan hasil rekaman.

“Tujuan dari pemberian penghargaan bahasa ini, untuk merangsang media massa se-Provinsi Bengkulu agar terpancing menggunakan sekaligus memiliki kemauan yang lebih besar dalam penggunaan Bahasa Indonesia, terutama pada media massanya masing-masing.

Selain itu agar media massa di Bengkulu tidak mengabaikan aspek kebahasaan, tepatnya, ejaan, pilihan kata, kalimat, paragraf dan lain sebagainya,” kata Syamsurizal.

Lebih jauh dikatakannya, kriteria penilaiannya yakni 1 naskah siaran berita dan hasil rekamannya. Penilaian lain juga berkaitan dengan ejaan 20 persen, bentuk dan pilihan kata 25 persen, kalimat 25 persen, intonasi 20 persen, kesesuaian antara topik dan isi berita 10 persen.

“Dari hasil penilaian tersebut, kita ambil 5 besar media massa yang akan mendapatkan penghargaan bahasa ini. Untuk pengumumannya besok,” singkatnya. (tux)

__Terbit pada
26 Oktober, 2020
__Kategori
News