13.420 Vial Vaksin Sinovax Didistribusikan

  • Herwan: Baru di 3 Kabupaten/Kota

BENGKULU RU – Sebanyak 13.420 vial vaksin Corona Virus Disease (Covid-19) atau Sinovac, Rabu (13/1) didistribusikan Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu. Untuk tahap awal ini, pendistribusian vaksin Sinovac kepada 3 Kabupaten/Kota, yakni Kota Bengkulu, Kabupaten Bengkulu Tengah dan Seluma.

Kadinkes Provinsi Bengkulu, H. Herwan Antoni, SKM, M.Kes mengatakan, dari total vaksin Sinovac itu, paling banyak untuk Kota Bengkulu yakni 9.040 vial. Kemudian Seluma 2.240 vial dan Bengkulu Tengah 1.760 vial.

“Tadi (kemarin, red) masing-masing daerah yang langsung menjemput vaksin di gudang farmasi kita,” ungkap Herwan.

Menurutnya, sebelumnya Provinsi Bengkulu ini sudah menerima 20.280 vial vaksin Sinovac. Karena 13.420 vial diantaranya sudah didistribusikan, maka yang tersisa di gudang tinggal 7.040 vial saja lagi.

“Dalam pendistribusian tadi kita tetap menggunakan Cool Box, mengingat suhu vaksin tidak boleh lebih dari 2 derajat Celcius,” ujar Herwan.

Disamping itu, lanjut Herwan, dalam pendistribusian langsung dikawal aparat kepolisian. Untuk 7.040 vial yang tersisa, tetap disimpan di gudang farmasi sembari menunggu intruksi berikutnya dari Kementerian Kesehatan RI.

“Yang jelas setiap ada vaksin Sinovac yang masuk ataupun keluar dari gudang farmasi ini, kita lakukan pencatatan,” tegasnya.

Disinggung daerah yang belum, Herwan menyampaikan, terlebih dahulu harus menunggu intruksi Kemenkes untuk pendistribusian vaksin pada 7 Kabupaten lagi di Provinsi Bengkulu.

“Jadi kita harus menunggu petunjuk dan arahan pusat dulu, baru bisa mendistribusikan lagi. Vaksin Sinovac tahap pertama ini diutamakan untuk tenaga kesehatan,” singkat Herwan. (tux)

__Terbit pada
14 Januari, 2021
__Kategori
Kota Bengkulu