1.499 Ekor Hewan Kurban Akan Dipotong di BU

ARGA MAKMUR RU – Meski masih dalam situasi pandemi Covid-19. Namun, kondisi itu tidak mengurangi antusias umat muslim di Kabupaten Bengkulu Utara untuk menjalankan ibadah kurban.

Berdasarkan rilis data yang dikeluarkan oleh Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Bengkulu Utara, jumlah hewan kurban yang akan dipotong pada perayaan Hari Idul Adha, pada Selasa (20/7/2021), besok. Berjumlah 1.499 ekor hewan kurban yang terdiri dari kerbau, sapi dan kambing.

Jumlah ini, jauh lebih banyak dibanding pada Idul Adha tahun 2020 lalu, yang berjumlah sebanyak 1.457 ekor.

Kepala Kemenag Bengkulu Utara, H. Ajamalus mengatakan, 1.499 hewan kurban yang akan disembelih ini terdiri dari 39 ekor kerbau, 927 ekor sapi dan 533 ekor kambing.

“Rekap data ini kami dapatkan, melalui pendataan yang dilakukan oleh Kantor Urusan Agama yang tersebar di wilayah kecamatan yang ada di Kabupaten Bengkulu Utara,” jelasnya.

Pihaknya berharap, dalam pelaksanaan pemotongan hewan kurban nanti, seluruh panitia memperhatikan protokol kesehatan, sesuai dengan Surat Edaran (SE) Menteri Agama Nomor 16 dan 17 Tahun 2021 tentang Penerapan Protokol Kesehatan dalam Pelaksanaan Perayaan Idul Adha.

“Jangan berkerumun terlalu dekat saat melaksanakan pemotongan hewan kurban. Selanjutnya, untuk pembagian daging kurban. Panitia kami harapkan untuk membagikan daging kurban itu, langsung ke rumah-rumah penerima,” demikian Ajamalus. (sfa)